berita bola

AS Roma Berpisah dengan José Mourinho, Daniele De Rossi Ambil Alih

Pakar bola – Kabar mengejutkan datang dari AS Roma. Klub Serie A Italia itu baru saja mengumumkan bahwa mereka telah berpisah dengan pelatih José Mourinho secara efektif per hari ini. Sebagai penggantinya, ikon klub Daniele De Rossi ditunjuk untuk mengambil alih kursi pelatih sampai akhir musim 2023/2024.

De Rossi, yang mencatatkan 616 penampilan selama 18 tahun membela Roma sebagai pemain, mendapat kontrak hingga 30 Juni 2024.

“Kami senang bisa mempercayakan peran pelatih AS Roma kepada Daniele De Rossi. Kepemimpinan dan ambisinya yang selama ini menjadi ciri khasnya diyakini dapat berperan penting dalam mencapai target tim hingga akhir musim,” ujar pemilik Roma Dan dan Ryan Friedkin dalam sebuah pernyataan.

“Meski menyadari ikatan kuat Daniele dengan klub, antusiasmenya untuk menerima posisi ini semakin menguatkan keyakinan kami bahwa ia mampu menjadi pemimpin yang baik bagi para pemain dan representasi yang membanggakan dari nilai-nilai klub. Selamat datang kembali, Daniele.”

De Rossi akan langsung memimpin Roma dalam pertandingan melawan Verona pada hari Sabtu mendatang.

Mourinho, 60 tahun, ditunjuk sebagai pelatih Roma pada Mei 2021 dan berhasil membawa tim Italia itu meraih gelar juara Europa Conference League setahun kemudian. Pada tahun lalu, Roma dan Mourinho juga mencapai final Liga Europa tetapi kalah adu penalti dari Sevilla.

Setelah dikalahkan 3-1 oleh AC Milan pada hari Minggu, Roma saat ini berada di peringkat kesembilan klasemen Serie A.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada José atas semangat dan kerja kerasnya sejak tiba di klub,” kata Dan dan Ryan Friedkin dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan selalu memiliki kenangan indah selama Mourinho bersama Roma, tetapi kami percaya bahwa perubahan langsung saat ini adalah keputusan terbaik demi kepentingan klub.

“Kami mendoakan yang terbaik bagi José dan asistennya dalam perjalanan mereka selanjutnya.”

Mourinho adalah salah satu pelatih paling terkenal dan sukses di dunia sepak bola. Ia sebelumnya pernah menangani klub-klub besar seperti Real Madrid, Manchester United, Inter Milan, Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Porto.

Kemenangan Roma di final Europa Conference League adalah trofi ke-26 yang diraih Mourinho dalam karier kepelatihannya. Ia juga telah memenangkan dua gelar Liga Champions, satu gelar Liga Europa, dan satu Piala UEFA.

Pekerjaan di Roma adalah kali kedua Mourinho bekerja di Italia. Saat menjadi pelatih Inter Milan (2008-2010), pada musim terakhirnya Mourinho membawa tim meraih treble yang luar biasa – gelar Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Perpisahan dengan Mourinho dan kedatangan De Rossi tentunya menjadi babak baru yang menarik bagi AS Roma. Diharapkan di bawah kepemimpinan De Rossi, tim dapat bangkit dan meraih hasil yang lebih baik di sisa musim ini.

Source : CNN Sports