berita bola

Dunia Surreal Penghargaan Terbaik FIFA: Messi Kembali Bersinar, Bayi Minum Susu, dan Ciuman Kontroversial

Pakar bola – Teater Apollo Hammersmith pernah menjadi rumah bagi band dan komedian terbaik dunia, tapi pada malam dingin Januari yang menusuk tulang, dunia sepak bola berbondong-bondong ke venue London ini untuk merayakan yang terbaik dalam olahraga tersebut di Penghargaan Terbaik FIFA.

Apollo terletak dekat flyover dan persimpangan, tapi itu tak menghentikan para fans pemberani bermantel tebal di London barat untuk sekadar melihat sekilas idola mereka.

Banyak yang sudah mengantre sejak jam 8 pagi di seberang pintu masuk yang berkarpet hijau ketimbang merah — mungkin karena itu warna lapangan bola — demi mendapatkan posisi terdepan di tengah hawa dingin yang menusuk.

“Oi, lihat Pep nggak?” tanya seorang fans antusias kepada temannya saat Pep Guardiola, manajer Manchester City, melangkah ke karpet hijau dari taksinya yang berjendela gelap. Orang Spanyol ini kemudian dinobatkan sebagai Pelatih Pria Terbaik setelah membawa City meraih treble musim lalu.

Romina Polenta, 34, dari Argentina, adalah salah satu dari seratusan fans yang berkumpul di seberang jalan untuk menyaksikan acara dari jauh.

Polenta ada di sana untuk mendukung Lionel Messi, yang merupakan salah satu dari tiga bintang yang dinominasikan untuk penghargaan pemain pria terbaik, bersama Kylian Mbappé dan Erling Haaland.

“Dia [Messi] harus selalu menang,” kata Polenta kepada CNN Sport. “Saya fans berat [Messi],” candanya. “Saya rasa dia tidak akan menang, saya rasa Haaland yang akan menang, tapi dia [Messi] seharusnya.”

Polenta mengaku berada di London saat Messi membawa Argentina meraih kejayaan Piala Dunia di Qatar pada Desember 2022, dan menambahkan bahwa dia “menangis selama 45 menit” setelah peluit akhir.

“Itu satu-satunya reaksi yang bisa saya berikan,” katanya. “Itu momen terbaik dalam hidup saya. Apa yang dia lakukan untuk negara ini adalah sesuatu yang luar biasa.”

“Tidak ada kata-kata untuk menjelaskan apa yang dia lakukan untuk negara ini. Saya kira Anda melihat gambar lima juta orang berpesta di jalanan [Buenos Aires]? Itu tidak normal — untuk apapun dalam sejarah.”

Polenta ditemani oleh temannya Johanne Perraud, 31, dari Prancis, yang tentu saja berharap bisa melihat “Kiki,” Mbappé.

Namun, Perraud tidak ingin kompatriotnya itu memenangkan penghargaan Terbaik: “Yah, untuk mendukung teman saya, saya rasa Messi yang harus menang.”

Kabar gembira bagi Polenta dan temannya adalah bahwa malam itu Messi dinobatkan sebagai Pemain Pria Terbaik FIFA, meskipun pengumuman itu disambut oleh beberapa gumaman terkejut di auditorium.

Ini adalah tahun kedua berturut-turut Messi memenangkan penghargaan tersebut, memenangkan penghargaan sebelumnya tepat setelah keberhasilan Argentina di Piala Dunia Qatar 2022.

Meskipun beberapa orang mungkin mempertanyakan keputusan tahun lalu, pilihan untuk kembali memberikan trofi kepada Messi tahun ini kembali memicu keheranan, mengingat pemain berusia 36 tahun itu mundur dari sepak bola papan atas tahun ini dengan bergabung dengan Inter Miami di MLS.

Menurut badan pengatur dunia, “Nominasi untuk penghargaan disusun oleh FIFA bekerja sama dengan para pemangku kepentingan sepak bola. Kemudian, daftar pendek ditentukan oleh dua panel ahli terpisah untuk sepak bola pria dan wanita. Panel-panel ini terdiri dari mantan pemain dan pelatih yang dihormati.”

‘Gila bisa dekat dengan pemain di kehidupan nyata’

Pengamanan yang agak ketat di luar venue berbanding terbalik dengan suasana santai di dalamnya, dengan bintang-bintang permainan berkeliling-keliling sambil menunggu dimulainya upacara.

Pemain masa lalu dan masa kini hadir, termasuk legenda Brazil, Ronaldo, dan Pemain Wanita Terbaik yang baru dinobatkan, Aitana Bonmatí.

Anggota media dan beberapa tamu khusus dibatasi di lantai teratas venue, hanya bisa mengamati para superstar terlibat dalam obrolan singkat di bawah.

Juga hilir mudik di sekitar teater, berbicara dan tersenyum ke kamera di ponselnya, adalah kreator konten Oussama Nacer — atau OussiFooty sebagaimana dia dikenal di media sosial.

Nacer memiliki hampir lima juta pengikut di TikTok dan berada di London untuk membantu memproduksi konten media sosial FIFA untuk upacara tersebut.

“Gila bisa dekat dengan pemain di kehidupan nyata, Anda selalu menonton mereka di TV atau di stadion, tapi di sini, melihat mereka di kehidupan nyata pada upacara penghargaan, semua berpakaian rapi, saya juga berpakaian rapi, ini keren banget,” kata Nacer kepada CNN Sport, menambahkan bahwa dia sedikit terpesona bertemu pemenang Piala Dunia dan pembawa acara Thierry Henry di belakang panggung.

Source : CNN Sports