berita bola

Liga Premier Mendominasi! Arsenal dan Man City Disebut Favorit Juara Liga Champions

Pakar Bola – Jagat sepak bola Eropa sedang dihangatkan dengan hasil undian babak 16 besar Liga Champions 2023/2024. Dua klub asal Liga Premier Inggris, Arsenal dan Manchester City, menjadi sorotan, bukan hanya karena memperoleh lawan yang relatif mudah, tetapi juga karena dianggap sebagai kandidat terkuat untuk merengkuh trofi tertinggi di Benua Biru tersebut.

Legenda sepak bola, Graeme Souness, bahkan dengan lantang menobatkan duo Inggris ini sebagai favorit juara. “Saya katakan dengan tegas, Arsenal dan Man City adalah tim terbaik saat ini,” ungkap Souness. “Menatap mereka dan melihat ketangguhan Liga Premier, sebagian besar tim kita (Inggris) menjadi favorit utama. Mungkin peringkat pertama dan kedua, atau bahkan pertama dan ketiga.”

Keyakinan Souness didasari pada performa impresif keduanya. Arsenal, di bawah tangan dingin Mikel Arteta, tampil konsisten di Liga Premier dan tampil dominan di grup Liga Champions, berujung pada lawan mereka di babak 16 besar, FC Porto, yang dinilai tak sebanding. Adapun Man City, meski sempat terseok di liga domestik, tetaplah juara bertahan Liga Champions dan diprediksi mudah mengatasi raksasa Denmark, FC Copenhagen.

Souness tidak segan-segan melontarkan kritik terhadap liga-liga besar Eropa lainnya. “Saya sering menikmati permainan Bayern Munich karena mereka selalu berusaha memenangkan pertandingan, Real Madrid pun sama,” ujarnya. “Namun, jika melihat ke Spanyol, Italia, dan Jerman, bahkan PSG yang kini tak lagi sama, saya meragukan kualitas liga-liga tersebut. Intensitas dan hasrat bertanding pemain mereka tak sebanding dengan apa yang ditunjukkan pemain-pemain Inggris.”

Pendapat Souness didukung oleh Simon Jordan, mantan pemain sekaligus pundit sepak bola Inggris. “Mengalahkan Copenhagen seharusnya tak masalah bagi Man City,” kata Jordan. “Pada akhirnya, Liga Champions menuntut performa terbaik, dan itu yang harus mereka tunjukkan.”

Dengan lawan yang dinilai ringan dan kondisi internal yang prima, harapan publik Inggris memang tertumpah kepada Arsenal dan Man City. Bisakah mereka mematahkan dominasi klub-klub Spanyol dan Jerman yang selama beberapa tahun terakhir berjaya di Liga Champions? Akankah Liga Premier benar-benar mendominasi kompetisi terelit Eropa tersebut? Jawabannya hanya akan terungkap seiring berjalannya turnamen, namun yang pasti, panggung Liga Champions siap dihibur oleh kegarangan tim-tim Inggris, khususnya Arsenal dan Manchester City.

Source : Talksports