berita bola

Sanksi Abramovich: Putusan Pengadilan Uni Eropa Menanti, Nasib Korban Perang Ukraina Bergantung

Pakar Bola – Sidang penting terkait sanksi Uni Eropa terhadap miliarder asal Rusia, Roman Abramovich, akan digelar di Pengadilan Keadilan Eropa (European Court of Justice, ECJ) pada Rabu ini. Keputusan pengadilan berpotensi besar menentukan aliran bantuan bagi para korban perang Ukraina.

Abramovich dimasukkan ke dalam daftar sanksi Uni Eropa pada Maret 2022, menyusul invasi Rusia ke Ukraina. Uni Eropa beralasan bahwa ia memiliki “hubungan dekat dan lama dengan Vladimir Putin,” “menikmati akses istimewa kepada presiden, dan mempertahankan hubungan yang sangat baik dengannya.” Hubungan ini, menurut Uni Eropa, memungkinkan Abramovich “mempertahankan kekayaannya yang besar.”

“Oleh karena itu, ia telah mendapat keuntungan dari para pengambil keputusan Rusia yang bertanggung jawab atas aneksasi Krimea atau destabilisasi Ukraina,” klaim Uni Eropa.

Selain itu, Uni Eropa menuduh Abramovich, sebagai “salah satu pelaku bisnis terkemuka Rusia,” telah menjadi “sumber pendapatan yang substansial bagi Pemerintah Federasi Rusia.”

Hingga saat ini, Uni Eropa mengklaim hampir 1.800 individu dan entitas telah masuk dalam daftar sanksi, yang dikenai hukuman berupa pembatasan perjalanan dan pembekuan aset.

Abramovich mengajukan gugatan terhadap Uni Eropa pada Mei 2022, meminta penghapusan namanya dari daftar sanksi. Ia berargumen bahwa penilaian Uni Eropa “sangat keliru,” dan keputusan memasukkannya ke dalam daftar merupakan “pelanggaran hak fundamental” dan “gangguan tidak wajar” terhadap hak-hak fundamentalnya yang dijamin oleh hukum Uni Eropa.

Dokumen pengadilan yang berbasis di Luxembourg juga menyebutkan bahwa Abramovich meminta Uni Eropa membayar €1 juta kepada yayasan amal bagi korban konflik yang sedang dibentuk terkait penjualan Chelsea FC, sebagai kompensasi atas kerusakan reputasi.

Sebelumnya, pada Maret 2022, Abramovich mengumumkan penjualan klub sepak bola Chelsea dan menyatakan bahwa ia telah “menginstruksikan tim saya untuk mendirikan yayasan amal tempat semua hasil bersih dari penjualan akan disumbangkan,” menambahkan bahwa “yayasan tersebut akan didedikasikan untuk semua korban perang di Ukraina.”

Chelsea akhirnya terjual pada Mei 2022 dengan nilai transaksi $5 miliar kepada konsorsium pemilik baru yang dipimpin Todd Boehly. Dari $5 miliar tersebut, $3,08 miliar akan disumbangkan kepada yayasan amal yang digagas Abramovich.

Namun, hingga saat ini, dana untuk korban perang Ukraina tersebut masih tertahan. Menteri Eropa Inggris, Leo Docherty, dalam sebuah sidang parlemen pekan lalu mengungkapkan bahwa hasil penjualan Chelsea “dibekukan di rekening bank Inggris,” dan pemerintah “saat ini sedang melalui proses penunjukan ahli independen untuk mendirikan yayasan yang akan mengelola dana tersebut.”

“Perbedaan utama antara pemerintah dan mereka yang terlibat” dalam pendirian yayasan, “adalah apakah dana tersebut akan digunakan di dalam Ukraina atau untuk warga Ukraina di luar Ukraina,” kata Docherty dalam sidang tersebut.

Docherty menambahkan bahwa pemerintah Inggris “ingin agar dana ini disalurkan secepat mungkin untuk kepentingan warga Ukraina di dalam Ukraina.”

Source : Cnn Sports