berita bola

Darwin Nunez : Liverpool Tumpul Jelang Laga Lawan Arsenal

Pakar Bola – Penyerang Liverpool ini gagal mencetak gol dalam 11 pertandingan terakhirnya, termasuk tujuh laga tanpa gol di Liga Premier. Tapi bukan karena dia tidak berusaha.

Nunez telah melepaskan 24 tembakan Liga Premier tanpa gol dan melewatkan setidaknya satu peluang emas – dengan rasio Gol Diharapkan 0,17 atau lebih – dalam lima dari enam pertandingan terakhirnya.

Beberapa dari kegagalan tersebut terjadi di momen krusial dan membuat Liverpool kehilangan poin. Nunez melebar dari jarak beberapa meter saat imbang melawan Luton dan menyia-nyiakan beberapa peluang babak pertama saat imbang melawan Manchester City.

Semua ini membuat Nunez tidak bisa lepas dari kritik, terlepas dari kilatan-kilatan kualitas yang terlihat.

Musim ini, Nunez memiliki tembakan per 90 menit terbanyak dari pemain Liga Premier mana pun – pertanda baik, dia membawa peluang bagi timnya. Tapi pemborosannya dipersonifikasikan oleh tingkat konversi hanya sembilan persen – itu pertanda buruk, dan membuatnya hanya mencetak empat gol dari 42 tembakan.

Dan sekarang masalah lain muncul. Sementara Nunez mendapatkan peluang besar seperti yang ditunjukkan melawan Luton dan Man City, dampak itu memudar dalam beberapa pekan terakhir.

Striker Liverpool itu menjadi starter melawan Fulham dan Crystal Palace dan gagal melepaskan tembakan di babak pertama kedua pertandingan. Dan baru-baru ini, saat Liverpool membombardir gawang Man Utd dengan 34 upaya akhir pekan lalu, Nunez hanya memiliki dua tembakan dalam 78 menit.

Tambahkan lebih banyak peluang yang terbuang karena banyak offside – Nunez memiliki 14, tertinggi kedua di Liga Premier musim ini – dan itu membuat Anda mempertanyakan apakah dia ancaman gol yang dibutuhkan untuk pertandingan puncak klasemen Sabtu malam melawan Arsenal.

Namun, seperti yang dinyatakan asisten manajer Liverpool Pep Lijnders minggu ini, Nunez, atau pemain mana pun sebenarnya, lebih dari sekadar kontribusi gol dan peluang yang gagal.

“Jika anda melihat pemain hanya berdasarkan gol, itu akan sangat tidak adil, didalam cara kami, kami mencapai target, itu selalu tentang kolektif,” katanya.

Kolektif yang dibicarakan Lijnders itu sangat relevan dalam hal lini depan. Liverpool terbiasa dengan hubungan apik Mohamed Salah dengan Roberto Firmino dan Sadio Mane. Namun dengan kepergian kedua pemain depan tersebut dalam dua musim panas terakhir, Nunez harus beradaptasi dengan sistem dan peran No 9 yang belum biasa dilakukan Liverpool.

“Sudah lama kami bermain dengan false nine, sekarang kami memiliki Darwin yang selalu berada di garis terakhir,” tambah Lijnders. “Mungkin [dia] terlalu tinggi, terkadang offside! Tapi dia sedang belajar.

“Ketika Mo sedang tidak bermain bagus, masih ada Sadio; Ketika Firmino mungkin tidak main bagus, Mo-Lah yang menentukan.”

Apa yang diberikan Nunez yang tidak dimiliki oleh pendahulunya No 9 Liverpool, Firmino, adalah menciptakan peluang sebanyak mencetak gol. Hanya Ollie Watkins yang memiliki lebih banyak assist musim ini sebagai penyerang tengah daripada lima assist Nunez di Liga Premier musim ini.

Jadi, meskipun Nunez sedang mengalami kekeringan gol, kontribusinya dalam hal kreativitas dan menjadi titik fokus serangan tidak bisa diabaikan. Laga melawan Arsenal akan menjadi ujian berat bagi ketajamannya, tapi Liverpool juga perlu mengandalkan kolektifitas untuk meraih kemenangan.

Source : Skysports