berita bola

Barcelona Tekuk Osasuna 2-0, El Clasico Panas Terulang di Final Piala Super Spanyol

Pakar Bola – Pertarungan sengit tersaji kembali di Piala Super Spanyol. Untuk tahun kedua berturut-turut, El Clasico akan menjadi puncak acara turnamen ini. Barcelona berhasil menaklukkan Osasuna 2-0 pada Kamis malam dan akan berhadapan dengan rival abadi mereka, Real Madrid, di partai final.

Laga yang digelar di Riyadh, Arab Saudi, sempat buntu tanpa gol di babak pertama. Blaugrana kesulitan memanfaatkan sejumlah peluang emas. Tendangan jarak jauh Ferran Torres melebar tipis dan sundulan Robert Lewandowski digagalkan kiper Osasuna, Sergio Herrera.

Meski diunggulkan, Osasuna, runner-up Copa del Rey 2023, tak gentar menghadapi juara La Liga musim lalu. Jesús Areso dan Ante Budimir nyaris membuat Barcelona ketar-ketir di awal laga. Lewandowski pun terus dibuat frustrasi karena sundulannya melebar dan tembakannya diblok.

Kedua tim saling bertukar tendangan bebas jarak jauh dan skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum. Namun, Barcelona bangkit di babak kedua. Lewandowski akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-59. Ia berlari kencang mengejar bola umpan terobosan İlkay Gündoğan dan menceploskannya ke gawang Herrera.

Serangan Osasuna kian tumpul dan tak banyak merepotkan Iñaki Peña di bawah mistar Barca. Kegembiraan Barcelona bertambah dengan kembalinya Pedri dari cedera, tapi Raphinha ditarik keluar karena masalah di kaki.

Sebagai pengganti, masuklah wonderkid berusia 16 tahun, Lamine Yamal. Ia menjadi pemain termuda yang pernah tampil di Piala Super Spanyol, menurut catatan Barcelona. Remaja ini pun memastikan kemenangan di penghujung waktu dengan memanfaatkan umpan João Félix dan menceploskan bola ke gawang.

“Kami tampil serius dan saya senang. Ini memberi semangat dan kepercayaan diri jelang final melawan Real Madrid,” ujar Xavi, pelatih Barcelona, usai laga. “Bukan penampilan yang brilian, tapi cukup bagus.”

Barca kini bersiap menghadapi El Clasico pada Minggu nanti. Real Madrid sendiri lolos ke final setelah menumbangkan rival sekota, Atlético Madrid, 5-3 dalam laga semifinal penuh drama yang sampai ke babak tambahan.

Source : CNN Sports