berita bola

Manchester United Kembali ke Performa Terburuk, Kalah Memalukan dari Nottingham Forest

Pakar Bola – Kemunduran Manchester United di musim ini berlanjut. Setelah meraih kemenangan dramatis atas Aston Villa, anak asuh Erik ten Hag justru kembali menelan kekalahan memalukan, kali ini dari tim papan bawah Nottingham Forest.

Kekalahan ini kembali disebabkan oleh ketidakmampuan bertahan yang menjadi ciri khas United musim ini. Nicolás Domínguez, pemain internasional Argentina, dengan bebas menceploskan bola ke gawang United pada menit ke-64 memanfaatkan kelengahan lini belakang.

Marcus Rashford sempat menyamakan kedudukan 12 menit jelang bubaran melalui kesalahan kiper Forest, Matt Turner. Namun, harapan United pupus empat menit kemudian ketika Morgan Gibbs-White mencetak gol melalui serangan balik cepat, memastikan kemenangan 2-1 untuk Forest yang sedang berjuang menghindari degradasi.

Kekalahan ini terjadi hanya beberapa pekan setelah miliarder Inggris Jim Ratcliffe membeli 25% saham klub. Jika comeback melawan Villa sempat memberikan optimisme, kekalahan di kandang Forest memperlihatkan betapa berat tugas yang dihadapi Ratcliffe untuk membangkitkan kembali United.

David Brailsford, pelatih balap sepeda Inggris dan Direktur Olahraga INEOS, perusahaan milik Ratcliffe, turut hadir menyaksikan pertandingan bersama legenda United, Sir Alex Ferguson. Keduanya tentu saja kecewa dengan penampilan Setan Merah.

Statistik buruk United musim ini semakin memprihatinkan. Untuk pertama kalinya sejak 1989-90, United telah menelan sembilan kekalahan dari 20 pertandingan liga, menyamai total kekalahan sepanjang musim lalu.

Legenda United, Gary Neville, tidak segan menyebut United telah “kembali ke titik terburuk”.

“Manchester United kembali ke performa buruknya yang tidak konsisten,” ujarnya kepada Sky Sports. “Mereka keluar lapangan sebagai tim yang kalah. Para fans United di belakang gawang pasti sangat kecewa.”

“Saya tidak yakin apa yang terjadi dengan tim Manchester United ini,” tambahnya. “Sangat sulit untuk ditonton. Saya pikir semua orang mengakui bahwa Erik ten Hag melakukan pekerjaan yang cukup bagus di musim pertamanya.”

“Dengan kepemilikan baru, Sir Dave Brailsford akan terus mengamati tim setiap minggu. Dia akan melihat apa yang sebenarnya terjadi di klub ini, baik di dalam maupun di luar lapangan. Apa yang dia lihat saat ini tidak akan menyenangkan.”

Neville juga mengatakan bahwa musim United lebih banyak “jatuh daripada naik” dan beberapa penampilan di bawah Ten Hag musim ini “jauh di bawah standar yang seharusnya ada di level ini.”

United hanya meraih empat poin dari 15 kemungkinan dalam lima pertandingan liga terakhir, tertahan di posisi ketujuh klasemen dan tertinggal sembilan poin dari Arsenal di urutan keempat, batas zona Liga Champions.

Tim juga tersingkir dari Liga Champions dan Piala Liga, menjadikan Piala FA sebagai satu-satunya harapan untuk meraih trofi musim ini.

United adalah satu-satunya tim di papan atas Liga Premier dengan selisih gol negatif. Hanya Burnley dan Sheffield United, dua tim terbawah liga, yang mencetak lebih sedikit gol daripada United yang baru mencetak 22 gol musim ini.

Klub telah menghabiskan banyak uang untuk mendatangkan pemain yang diinginkan Ten Hag, termasuk André Onana dan Antony, namun manajer asal Belanda itu belum berhasil menerapkan gaya bermain yang jelas sejak awal musim.

Antony, yang diganti keluar kurang dari 10 menit memasuki babak kedua melawan Forest karena penampilan buruknya, hanya mencetak satu gol dalam 33 pertandingan Liga Premier musim ini. Dalam 21 pertandingan dan lebih dari 900 menit bermain, Antony tidak mencetak gol dan tidak membuat assist. Manchester United dikabarkan membayar $109 juta untuk jasanya.

Neville mengatakan bahwa hasil dan penampilan ini membuat Ten Hag sekarang berada “dalam tekanan.”

“Tidak ada keraguan tentang itu. Mereka jelas akan mengisi tiga posisi penting – CEO, direktur olahraga, dan kepala rekrutmen – dan sisanya akan pergi,” katanya.

“Pelatih adalah yang akan menjadi pertimbangan terbesar mereka, seperti yang selalu terjadi di klub sepak bola, karena memecat pelatih tidaklah mudah.”

“Mereka tersingkir dari Eropa dan Piala Liga. Mereka perlu membuat pemain mereka fit dan entah bagaimana mencoba mendorong ke arah Liga Champions dan melihat ke mana arahnya.”

“Tapi saat ini, mereka terlihat jauh dari itu dan ada enam atau tujuh tim yang berada dalam kondisi jauh lebih baik daripada mereka. Sepertinya masih jauh sekali.”

Kekalahan dari Nottingham Forest menjadi tamparan keras bagi Manchester United dan Erik ten Hag. Kini, mereka harus segera bangkit dan memperbaiki performa jika ingin mengejar ketertinggalan dan meraih kesuksesan di musim ini.

Source : CNN Sports